Sosialisasi MAPALA SIGINJAI UNJA di Universitas Adiwangsa Jambi

20 December 2018 | 01:43:05 WIB | Dibaca: 979 Kali    


Sosialisasi MAPALA SIGINJAI UNJA di Universitas Adiwangsa Jambi

Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat universitas di Universitas Adiwangsa Jambi. Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) merupakan komunitas terdidik yang memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menganalisa perubahan-perubahan alam yang semakin tereksploitasi dan sebagai bukti bagi pecinta-pecinta alam dalam mengaktualisasikan segala kemampuan yang dimilikinya demi terciptanya keindahan alam yang selalu diridhoi Allah SWT.

Kegiatan MAPALA umumnya berkisar di alam terbuka dan menyangkut lingkungan hidup. Jenis aktivitas meliputi pendakian gunung (mountaineering), pemanjatan (climbing), penelusuran gua (caving), pengarungan arus liar atau arung jeram (rafting), paralayang, penyelaman (diving) penghijauan dan bahkan penerbitan media-media yang bertema lingkungan. Akhir-akhir ini di mana degradasi lingkungan dirasa semakin parah, maka peran MAPALA sangat penting untuk membantu melestarikan lingkungan.

Manfaat dibentuknya UKM MAPALA adalah : menambah pengetahuan dan pemahaman mahasiswa/i tentang alam, merangsang mahasiswa/i menjadi lebih responsif terhadap lingkungan sekitar sehingga anak lebih berempati terhadap lingkungan, dan melatih kecerdasan motorik saat melakukan berbagai aktifitas outdoor.

 

Untuk mewujudkan kegiatan tersebut, maka Unaja sangat memerlukan pembinaan dari instansi atau lembaga yang benar-benar memahami MAPALA.Sementara, MAPALA Unaja masih dalam proses atau tahap belajar. Untuk itu Unaja mengundang MAPALA tertua yang ada di Provinsi Jambi yaitu Malapa Siginjai Universitas Jambi (UNJA).

Sosialisasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Oktober 2018 yang berlangsung mulai pukul 09.00 sampai dengan 13.30 WIB, di hadiri oleh 8 anggota MAPALA SIGINJAI UNJA yang salah satunya adalah menjabat sebagai Dewan Kehormatan dan dihadiri 434 Mahasiswa Unaja. Sosialisasi berjalan sangat baik, MAPALA SIGINJAI dihujani oleh pertanyaan – pertanyaan dari mahasiswa Unaja dan calon anggota MAPALA Unaja. Sehingga sosialisasi yang di jadwalkan selesai pada jam 12.00 berakhir sampai jam 13.30 WIB.

Selesai sosialisasi, MAPALA SIGINJAI juga melaksanakan pertemuan langsung dengan  Wakil Rektor II. Perbincangan semakin seru karena Wakil Rektor II (Bapak Ade oktarino, S.Kom., M.S.I) dulunya semasa kuliah aktif adalah anggota UKM MAPALA.

Setelah sosialisasi ini, kedepannya UKM MAPALA akan melanjutkan melaksanakan Pendidikan Dasar (Diksar) untuk mengukuhkan UKM MAPALA tersebut.


BERITA TERBARU LAINNYA

22 March

Mahasiswa Unaja melaju ke tahapan seleksi tingkat LLDIKTI wilayah X di Pekanbaru

Mahasiswa Unaja melaju ke tahapan seleksi tingkat LLDIKTI wilayah X di Pekanbaru

10 March

CAPPING DAY

Capping Day D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, dan S1 Kebidanan

18 December

demokrasi kampus

penerapan demokrasi di kampus yang dilakukan di Universtas Adiwangsa Jambi yaitu pemilihan/pencoblosan ketua Unaja Creative yang baru telah dilaksanak

-